Selasa, 19 Juli 2016

TOTAL STATION



Total Station menggunakan sebuah teodolite elektronik modern yang terintegrasi dengan komponen pengukur jarak elektronik (Electronic Distance Meter atau EDM) untuk membaca jarak dan kemiringan dari titik instrumen ke titik tertentu. Harga Total Station sendiri sangat beragam, muali dari puluhan juta hingga ratusan juta rupiah.,



Total Station bayak type  beberapa yang sudah terkenal di Indonesia seperti merk

- NIKON
- TOPCON
- SOKKIA
- SOUTH
- LEICA
- RUIDE
- HORIZON
- HI TARGET
- CYGNUS
- MINDS

Fungsi
Total Station digunakan untuk melakukan pengukuran dan pengumpulan data, seperti:

1. Pengukuran Sudut
Dengan Total Station kita dapat melakukan pengukuran sudut dengan teknik electro-optical scanning melalui piringan atau silinder kaca yang memiliki penunjuk skala yang sangat presisi. Sebuah Total Station dengan fitur terbaru dapat melakukan pengukuran sudut dengan nilai ketelitian hingga 0.5 arc-second. Sedangkan jenis Total Station biasa hanya mampu melakukan pengukuran sudut hingga nillai 5 atau 10 arc-second.

2. Pengukuran Jarak
Fungsi selanjutnya dari Total Station adalah untuk melakukan pengukuran jarak. Pengukuran jarak oleh Total Station ini memanfaatkan teknologi sinyal inframerah yang termodulasi, sinyal ini dipancarkan oleh komponen pemancar kecil yang berada di dalam instrumen optik, lalu akan direfleksikan kembali oleh prisma reflektor atau objek yang berada pada titik survei.

Pola yang terdapat dalam gelombang sinyal yang dipantulkan akan diterjemahkan oleh komputer yang ada pada Total Station. Hasil pengukuran jarak akan dapat diperkirakan setelah beberapa kali melakukan pemancaran dan penerimaan frekuensi inframerah, setelah itu baru dapat mulai dihitung jumlah bulat dari panjang gelombang ke target pada setiap frekuensinya.

3. Pengukuran Koordinat
Sebuah titik koordinat tidak dikenal yang terhubung dengan koordinat jelas, dapat diperkirakan letak koordinatnya menggunakan instrumen Total Station sepanjang sebuah garis lurus penglihatan dapat menghubungkan kedua titik tersebut.

Sudut dan jarak dapat diukur dari titik Total Station ke titik survei, sedangkan titik koordinat (titik x, y, dan z) dapat diketahuhi dengan menggunakan rumus perhitungan trigonometri dan triangulasi pada titik survei. Untuk masalah ini, beberapa Total Station telah dilengkapi dengan perangkat penerima Global Navigation Satellite System, sehingga titik koordinat dapat diketahui dengan lebih mudah.

4. Pengumpulan dan Pemrosesan Data
Beberapa model Total Station telah dilengkapi fitur penyimpanan data elektronik secara internal untuk mencatat data-data hasil pengukuran. Sementara untuk model lainnya masih harus menggunakan pencatat atau penyimpan data eksternal.

Setelah data tersebut ditransfer ke komputer, software khusus pada komputer akan secara otomatis menerjemahkan hasil dan memvisualisasikan peta dari area yang telah disurvei.

Penerapan
Total Station umumnya sering digunakan oleh para land surveyors dan ahli teknik sipil untuk melakukan survei pemetaan lahan, topografi, konstruksi, perencanaan pertambangan, atau hal lainnya seperti jalan raya, rumah, bangunan, batas tanah, dan lain-lain. Total Station juga digunakan oleh para arkeolog untuk melakukan survei penggalian, dan polisi untuk melakukan rekonstruksi kecelakaan.

Itulah beberapa informasi singkat mengenai instrumen Total Station, semoga bermanfaat dan menambah informasi Anda.

Jika Anda sedang mencari Alat Ukur Total Station dengan harga murah anda bisa hubungi 

BARAYA INDONESIA SURVEY 
Alamat
:
jlan H Kelik Kelapa dua , Kebun Jeruk , Jakarta
Email Toko
:
barayaindonesiasurvey @ yahoo.com
Telp
:
082217294199 / 082112325856
Contact Person
:
Web
: 
 http://baraya_survey.indonetwork.co.id & galeriindonesiasurvey
 http://tokodagang.com/barayaindonesiasurvey

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar